AM – Banyak orang awam yang baru akan membeli mesin laser cutting mengira bahwa alat tersebut bisa memotong apa saja. Padahal setiap jenis mesin ini memiliki kemampuannya tersendiri, atau spesialisasinya masing-masing.

Yang banyak dipergunakan adalah jenis CO2 dan Fiber Laser, keduanya beda penggunaan pada bahan yang dikerjakan. Namun yang paling umum ditemui adalah jenis CO2 Laser, karena untuk Fiber Laser sudah beda lagi tingkatannya.

Untuk penjelasan dari kedua jenis mesin tersebut adalah sebagai berikut.

Mesin Laser Cutting CO2

Mesin laser cutting ini yang paling banyak ditemui, karena harga jual yang paling murah dibandingkan jenis lainnya. Sumber powernya berasal dari tabung laser yang memiliki kekuatan bervariasi, dan bisa diatur penggunaan powernya.

Selain digunakan pada berbagai jasa laser cut, juga banyak dari bidang jasa desain interior yang menggunakan mesin ini. Bahan yang telah di potong atau grafir dijadikan partisi atau dekorasi ruangan.

Beberapa merk yang umum dari tabung laser CO2 yaitu:

  • Yongli
  • Reci
  • DLL

Ada beberapa ukuran tersedia untuk jenis ini, namun yang paling banyak digunakan adalah yang memiliki ukuran besar. Seperti ukuran 130 x 90 cm, dan 130 x 250 cm, hanya sedikit yang menggunakan ukuran kecil.

CO2 Laser

CO2 Laser

CO2 Laser ini juga ada dua jenis pilihan, yaitu non-metal dan metal mix, keduanya memiliki kemampuan yang berbeda. Power dari keduanya juga sedikit berbeda, termasuk juga untuk kepala lasernya, bisa ditandakan dari warnanya.

Untuk penjelasan dari kedua jenis CO2 Laser ini adalah sebagai berikut.

CO2 Laser Non-metal

Bahan yang dapat dikerjakan dengan menggunakan mesin laser cutting CO2 ini khusus hanya bahan non-metal saja. Sama sekali tidak dapat dipergunakan untuk mengerjakan bahan metal seperti stainless atau carbon steel.

Pengerjaannya lebih banyak pada bahan acrylic, baik itu dipotong ataupun hanya di grafir saja, juga pada bahan MDF. Untuk power lasernya sendiri mulai dari 60 watt hingga 130 watt, biasanya untuk power 60 watt memiliki area kerja yang kecil.

Mesin Laser Cutting Oree O-C 1309

Oree O-C 1309

Untuk jenis non-metal ini selain bisa dilihat dari power yang digunakan, juga dari kepala laser yang berwarna merah. Untuk mesin dengan power 130 watt sanggup memotong bahan acrylic yang memiliki ketebalan hingga 20 mm.

Selain untuk acrylic, pengrajin bahan kulit atau leather juga menggunakan mesin ini, untuk membuat potongan pola bahan. Dan bahan kulit tersebut juga bisa di grafir laser sebagai penambah ornament pada hasil jadi kerajinannya.

Ini yang paling banyak dipergunakan pada penyedia jasa laser cutting dibandingkan dengan jenis lainnya.

Tipe yang tersedia ada:

CO2 Laser Metal Mix

Kalau untuk mesin laser cutting CO2 jenis ini memiliki dua fungsi, bisa untuk mengerjakan bahan metal dan juga non-metal. Namun kemampuan untuk mengerjakan bahan metal memang terbatas, dan perlu dilakukan finishing lagi.

Powernya sendiri mulai dari 150 watt, sedangkan bidang area kerjanya mulai dari 130 x 90 cm, dan 130 x 250 cm. Sepintas memang terlihat sama dengan jenis non-metal, tetapi jika dilihat dari kepala lasernya akan berbeda karena berwarna biru.

Oree O-CM 1309

Oree O-CM 1309

Jenis ini tidak terlalu populer digunakan, karena bisa dibilang “nanggung” untuk kerjanya. Tidak khusus untuk bahan non-metal atau hanya metal saja, sehingga memang kemampuannya menjadi terbagi.

Tipe yang tersedia:

Mesin Fiber Laser

Kalau jenis mesin fiber laser berbeda sendiri, karena khusus hanya dapat digunakan untuk pengerjaan pada bahan metal saja. Sama sekali tidak dapat dipergunakan untuk memotong bahan non-metal seperti akrilik dan sejenisnya.

Dan mesin ini juga tidak menggunakan tabung laser, tetapi yang digunakan adalah laser generator sebagai penghasil powernya. Untuk powernya sendiri jauh lebih besar, mulai dari 500 watt sampai dengan lebih dari 2000 watt.

Oree OR-F 3015L

Oree OR-F 3015L

Beberapa merk laser generator yang ada yaitu:

  • Raycus
  • Maxphotonic
  • IPG
  • Nlight
  • DLL

Hasil potong mesin fiber laser jauh lebih bagus dan presisi, tidak perlu melakukan finishing lagi karena sudah rapi. Banyak bahan metal yang dapat dikerjakan dengan menggunakan mesin ini, diantaranya:

  • Stainless Steel
  • Carbon Steel
  • Kuningan
  • Galvanish
  • Aluminium
  • Mild Steel
  • DLL

Khusus untuk bahan kuningan dan aluminium tidak semua mesin fiber laser bisa memotong, hanya yang tertentu saja. Karena ada pengaruh dari penggunaan laser generatornya, jadi tidak semuanya mampu melakukannya.

Besarnya power dari mesin tersebut tidak berpengaruh terhadap jenis bahan, tetapi hanya berpengaruh pada ketebalan bahan saja.

Namun kelemahan dari mesin laser cutting metal jenis fiber ini adalah pada harga jualnya, karena sangat tinggi dibandingkan CO2 Laser. Memang untuk harganya sendiri sesuai dengan kemampuannya yang jauh lebih baik.

Jenis fiber laser ini akan lebih baik digunakan jika memang pengerjaan pada bahan metal lebih banyak. Kecuali jika memang digunakan untuk jasa laser cutting metal, maka lebih sesuai penggunaannya selain untuk produksi.

Baca juga: 4 Jenis Mesin Digital Printing

Harga Mesin Laser Cutting

Harga mesin laser cutting sendiri bervariasi, tergantung dari ukuran dan jenisnya, yang paling murah adalah CO2 Laser non-metal. Sedangkan seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, jenis fiber laser adalah yang paling mahal harga jualnya.

Kisaran harga CO2 Laser ini mulai dari 100 jutaan, itu untuk yang memiliki ukuran 130 x 90 cm dengan power 130 watt. Sedangkan yang memiliki power 150 watt jenis metal mix berada di kisaran 195 jutaan.

Harga Mesin Laser Cutting

Harga Mesin

Dari segi garansi sendiri untuk mesin laser cutting CO2 selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada yang tidak digaransi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalah consumable parts atau bagian yang ada masa habisnya.

Kalau untuk fiber laser sendiri umumnya garansi antara 18 bulan sampai dengan 24 bulan. Dan sama seperti CO2, ada yang tidak termasuk dalam garansi, yaitu consumable parts atau bagian yang ada masa habisnya.

Demikian informasi mengenai 2 jenis mesin laser cutting ini, semoga dapat membantu. Jika berminat atau ingin bertanya lebih lanjut, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Laser Cutting
5