AM – Mesin digital printing pada bidang advertising lebih banyak yang menggunakan jenis indoor dan outdoor. Padahal ada beberapa jenis yang lumayan banyak penggunanya, hanya memang dari beberapa bidang yang berbeda.

Selain pada bidang advertising, juga digunakan pada industri kreatif, seperti untuk pembuatan jersey dan lainnya. Namun memang untuk spesifikasinya berbeda dengan yang digunakan untuk cetak banner atau sticker, karena peruntukannya juga berbeda.

Berikut akan dijelaskan dari 4 jenis printer besar ini yang paling banyak digunakan.

Mesin Digital Printing Indoor

Mesin digital printing indoor memiliki hasil cetak yang bagus dan halus, lebar area print rata-rata 1,6 meter dan 1,8 meter. Ini termasuk yang paling banyak dipergunakan, biasanya untuk cetak pada bahan sticker, albatros, luster, dan sejenisnya.

Ada juga yang menggunakan printer ecosolvent ini pada industri pembuatan tas, yaitu print pada bahan spunbond. Serta pada bidang fotografi, yaitu print pada bahan canvas foto, dan di dapat hasil cetak yang bagus.

Mesin Digital Printing Indoor Xuli X6-1880XE

Xuli X6-1880XE

Untuk printhead yang digunakan mayoritas adalah Epson DX5, Epson DX7, dan XAAR 1201. Meskipun ada beberapa jenis printhead lainnya, tetapi tidak terlalu populer. Sedangkan tintanya sendiri menggunakan tinta ecosolvent, dan tintanya ini di sesuikan dengan printheadnya.

Harga tinta eco solvent untuk printer indoor ini yaitu 350 ribu/liter/warna, dan menggunakan 4 warna CMYK. Printer ini pilihan tepat untuk yang banyak bermain cetak sticker, atau pembuatan roll up banner, dan sejenisnya.

Tipe yang tersedia untuk printer indoor ini ada:

Mesin Digital Printing Outdoor

Ini juga merupakan salah satu jenis printer yang paling banyak digunakan pada bidang usaha digital printing. Lebih banyak difungsikan sebagai mesin cetak banner karena ukuran lebar area print yang besar, serta cost produksi yang lebih murah.

Mesin digital printing outdoor memiliki lebar area cetak yang mencapai 3,2 meter, sesuai dengan ukuran dari bahan flexi. Sebelumnya ada yang memiliki lebar area print sampai dengan 5 meter, tetapi sudah sangat jarang ditemui lagi.

Mesin Digital Printing Outdoor Xuli X6-1000

Xuli X6-1000

Printheadnya sendiri ada banyak merk yang digunakan, tergantung dari tipe printer tersebut, dan kecepatan serta hasil cetaknya berbeda. Yang paling banyak digunakan adalah printhead Konica 512i, serta sekarang ini mulai banyak penggunaan printhead Konica 1024i

Kecepatan cetak dari printhead Konica 512i mencapai 120 m2/jam, dan Konica 1024i mencapai 240 m2/jam. Harga tinta solvent dari printer outdoor ini mencapai 650 ribu/galon yang berisi 5 liter, dan itu untuk perwarna.

Untuk printer outdoor ini ada tipe:

Mesin Digital Printing Sublimasi

Sebenarnya untuk mesin digital printing sublimasi ini sama dengan printer indoor, hanya berbeda pada tinta yang digunakannya saja. Karena tidak menggunakan tinta eco solvent, tetapi yang digunakan adalah tinta sublime, yang peruntukannya juga berbeda.

Printer sublime ini khusus hanya dapat digunakan untuk print pada bahan kain, tidak untuk sticker atau sejenisnya. Namun tidak langsung print pada bahan kain, tetapi melalui metode transfer paper, yang hasil cetaknya kemudian di press pada kain.

Mesin Digital Printing Sublimasi Xuli X6-1880

Xuli X6-1880 Sublime

Hasilnya jauh lebih baik dan lebih aman untuk printer jika dibandingkan dengan printer yang langsung print pada bahan kain. Meskipun memang harus menyediakan mesin tambahan untuk mendukung kerjanya, yaitu mesin hotpress roll.

Harga tinta sublime untuk printer ini mencapai 450 ribu/liter untuk setiap warnanya, dan membutuhkan empat warna CMYK. Biasanya digunakan untuk cetak jersey, handuk, tas, serta produk lainnya. Sebagai catatan, tidak dapat untuk print pada bahan katun, karena hanya bisa digunakan pada bahan yang mengandung undur Polyester / PE saja.

Tipe yang tersedia untuk printer sublimasi ini ada:

Mesin Digital Printing UV

Mesin digital printing UV memiliki hasil cetak yang paling bagus diantara jenis lainnya, dan mampu digunakan print pada berbagai macam bahan. Namun dari segi harga jual juga yang paling tinggi, begitu juga dengan harga tinta uv yang digunakan.

Dari printer UV ini sendiri ada 2 macam, yaitu:

  • Printer UV Roll
  • Printer UV Flatbed

Keduanya memiliki bentuk fisik yang berbeda, serta tingkat penggunaan yang berbeda pula. Namun dari segi hasil print tidak jauh berbeda, sama bagusnya dan sama tahan lama. Untuk penjelasan dari 2 jenis printer UV ini adalah sebagai berikut;

Printer UV Roll

Fisiknya sama seperti printer indoor, namun ketika melakukan proses print akan terlihat lampu UV yang menyala. Dan juga dilengkapi dengan chiller yang berfungsi sebagai pendingin dari lampu UV tersebut.

Hasil print lebih bagus dibandingkan dengan printer lainnya, dan daya tahan tintanya sendiri juga cukup lama. Ada 2 pilihan tersedia dari mesin digital printing UV roll, yaitu single printhead dan double printhead.

Xuli UV X6-1880

Xuli UV X6-1880

Untuk printer UV double printhead sudah dilengkapi dengan tinta putih, jadi bisa print pada bahan berwarna gelap atau transparant. Printheadnya sendiri mayoritas menggunakan Epson DX5 dan juga XAAR 1201, sama seperti printer indoor.

Tipe tersedia ada:

Printer UV Flatbed

Mesin digital printing UV flatbed memiliki kemampuan yang tinggi, bisa untuk print pada bahan yang tebal dan padat. Cetak pada bahan acrylic atau kaca dapat dilakukan dengan mudah, ataupun print pada bahan MDF dan kayu.

Ketebalan bahan yang dapat di print bisa sampai dengan lebih dari 10 cm, dan printer ini juga sudah dilengkapi tinta putih. Namun dari segi harga jual memang yang paling tinggi, mulai dari 900 jutaan untuk yang memiliki bidang area cetak besar.

Xuli X6-2613UV

Xuli X6-2613UV

Ada beberapa tipe yang juga sudah dilengkapi dengan vernish, jadi setelah melakukan print, bisa langsung melakukan vernish. Ini merupakan printer yang memiliki kemampuan paling tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya.

Tipe yang tersedia:

Harga Mesin Digital Printing

Harga mesin digital printing bervariasi dan beragam, tergantung dari jenis printer tersebut, dan harganya sendiri tidak tetap. Karena banyak faktor berpengaruh terhadap perubahan harga jual, salah satunya adalah nilai tukar rupiah terhadap kurs dolar US.

Yang paling murah adalah harga printer indoor, mulai dari 100 jutaan, dan yang paling mahal adalah printer UV flatbed. Harga biasanya tidak termasuk dengan ongkos kirim dan PPN 10%, kecuali jika pembeli berada di kota yang sama dengan penjual.

Harga Mesin Digital Printing

Harga Printer

Garansi selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts, namun ada bagian yang tidak termasuk dalam garansi. Yang tidak termasuk dalam garansi adalah bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Demikian informasi mengenai 4 jenis mesin digital printing yang banyak digunakan, semoga dapat membantu. Jika berminat atau ingin bertanya lebih lanjut, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia.

  • Large Format Printer
5