AM – Harga mesin printer digital printing bervariasi, baik yang baru ataupun yang bekas. Namun khusus untuk tulisan ini hanya tentang mesin yang baru saja.

Harganya sendiri tergantung dari jenis serta ukuran dari printer tersebut, karena ada banyak jenis dan ukurannya. Mulai dari 100 jutaan, sampai dengan lebih dari 1 milyar.

Printer ini adalah yang umumnya digunakan pada digital printing, biasanya untuk cetak berbagai jenis bahan. Seperti pada bahan sticker, flexi untuk pembuatan banner atau mmt, albatros dan luster untuk x-banner.

Harga Mesin Printer Digital Printing Indoor

Harga mesin printer digital printing jenis indoor ecosolvent adalah yang paling murah, khususnya brand asal China. Sebagai contoh, untuk merk Xuli yang menggunakan printhead Epson DX5 mencapai 105 jutaan.

Lalu untuk yang menggunakan printhead XAAR 1201 harganya mencapai 125 jutaan. Sedangkan brand asal Jepang sendiri mulai dari 155 jutaan. Itu untuk mesin yang memiliki lebar area cetak 1,6 meter.

Baca juga: Mesin Digital Printing Xuli

Harga Mesin Printer Digital Printing Xuli

Printer Indoor Ecosolvent

Harga jual tersebut adalah untuk printer dengan single printhead, sedangkan untuk double printhead lebih tinggi lagi. Brand Xuli yang menggunakan double printhead Epson DX5 harganya berada dikisaran 160 jutaan.

Printer indoor ecosolvent ini harganya sama seperti printer sublime, karena memang mesin yang digunakan juga sama. Perbedaannya adalah dari tinta yang digunakan, karena menggunakan tinta sublimasi, bukan ecosolvent.

Harga Mesin Printer Digital Printing Outdoor

Kalau untuk harga mesin printer digital printing outdoor jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer indoor ecosolvent. Karena memiliki lebar area cetak yang lebih besar, dan juga cost produksi yang lebih murah.

Printer outdoor solvent untuk brand Xuli yang menggunakan printhead Konica 512i mencapai 265 jutaan. Sedangkan brand X2 dengan printhead Konica 1024i mencapai 410 jutaan.

Printer Outdoor Xuli X6-1000

Xuli X6-1000

Pada jenis printer ini mayoritas merupakan brand asal China, bahkan mungkin penggunanya mencapai 90%. Karena untuk produk Jepang hanya merk Mimaki saja yang tersedia untuk printer solvent ini.

Lebih banyak digunakan sebagai mesin cetak banner atau mmt, karena lebar area print yang sesuai dengan lebar bahan flexi. Lebarnya sendiri mencapai 3,2 meter, dan memiliki kecepatan cetak yang jauh lebih baik dari printer indoor.

Kalau untuk harga tinta solvent dari printer ini sendiri juga tergantung dari printhead yang digunakan. Tinta solvent 30 PL berada di harga 650 ribuan untuk pergalon, dan 1 galon berisi 5 liter tinta.

Artikel lainnya: 4 Jenis Mesin Digital Printing

Harga Mesin Printer Digital Printing UV

Harga mesin printer digital printing UV adalah yang paling tinggi dibandingkan dengan printer jenis lainnya. Khususnya adalah printer UV flatbed, bisa lebih dari 1 milyar untuk harganya sendiri.

Printer UV ada 2 jenis, yaitu roll to roll dan flatbed, memiliki hasil print yang lebih bagus dari printer lainnya. Dengan hasil cetak yang lebih halus serta tahan lama, dan warna yang lebih keluar.

Harga Mesin Printer Digital Printing Xuli X6-2613UV

Xuli X6-2613UV

Printer UV roll to roll berada di kisaran 185 jutaan, itu untuk yang berukuran 1,6 meter. Sedangkan untuk harga mesin printer UV flatbed sendiri yang berukuran besar mulai dari 850 jutaan.

Yang dimaksud ukuran besar disini adalah yang memiliki bidang area cetak 260 x 130 cm. Harga jual tinta UV juga yang paling tinggi, mencapai 850 ribu untuk perliternya.

Meskipun harga jual printer UV flatbed ini tergolong mahal, tetapi sesuai juga dengan kemampuannya. Karena bisa digunakan untuk print pada bahan tebal dan padat seperti acrylic dan kaca.

Penutup

Harga mesin printer digital printing ini dapat berubah sewaktu-waktu, karena banyak faktor yang berpengaruh. Utamanya adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar US, karena ini merupakan produk import.

Sedangkan untuk garansi dari printer digital printing umumnya selama satu tahun yang meliputi service dan spare parts. Namun ada yang tidak termasuk dalam garansi, yaitu bagian yang dialiri oleh tinta, seperti contohnya adalah printhead.

Sebagai informasi tambahan, arus listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kendala, khsusnya pada komponen elektronik. Untuk itu sebaiknya menggunakan stabilizer, atau akan lebih baik lagi menggunakan UPS.

Demikian informasi mengenai harga mesin printer digital printing ini, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan, silahkan mengisi kolom komentar dibawah.

  • Daftar Harga
5