Mesin digital printing indoor outdoor dan uv

Area Mesin – Mesin digital printing dikenal pada dunia advertising sebagai salah satu alat utama, khususnya dalam bidang cetak digital, namun tidak hanya itu saja, pada bidang industri kreatif dan UKM juga banyak yang mempergunakan.

Berikut adalah penjelasan dari setiap jenis yang ada;

Mesin digital printing indoor

Jenis printer ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan, dan yang memiliki harga paling murah jika dibandingkan dengan jenis printer besar lainnya, produk asal China dan Jepang yang paling mendominasi penggunaan.

Tinta yang digunakan pada jenis mesin digital printing ini adalah tinta eco solvent, sedangkan untuk printheadnya sendiri kebanyakan menggunakan printhead Epson DX5 ataupun Epson DX7 (pada saat ini).

Mesin digital printing Xuli X6-1880

Xuli X6-1880

Jenis printer indoor sendiri banyak digunakan untuk print pada bahan seperti sticker, albatros, luster, dan beberapa jenis bahan lainnya, namun pada bidang usaha lain juga digunakan untuk print pada bahan spunbond.

Dari segi ukuran lebar area cetaknya, rata-rata memiliki ukuran antara 1,6 meter dan 1,8 meter, sedangkan untuk kecepatan cetaknya beragam, tergantung dari jumlah printhead yang digunakan, karena ada tipe yang menggunakan 2 printhead.

Sample mesin digital printing Xuli

Sample printer indoor

Harga tintat eco solvent pada mesin digital printing indoor ini, untuk mesin produk asal China mulai dari 370 ribu/liter, sedangkan untuk mesin merk Jepang sendiri harganya berkisar di angka 450 ribuan perliternya.

Mesin digital printing outdoor

Jenis mesin digital printing outdoor juga termasuk yang paling banyak digunakan, memiliki lebar area cetak yang lebih besar dibandingkan dengan printer indoor, umumnya mencapai 3,2 meter untuk lebar cetaknya.

Mesin digital printing outdoor Xuli X6-1000

Printer outdoor

Printhead pada jenis printer ini ada beberapa macam yang digunakan, diantaranya yaitu:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • XAAR
  • Ricoh
  • Seiko

Yang paling banyak digunakan untuk printheadnya adalah Konica, dan pada saat ini yang menjadi favorit yaitu printer yang menggunakan printhead Konica 512i, karena hasil print yang lebih bagus dan lebih cepat.

Printer outdoor yang menggunakan printhead Konica 512i mampu untuk mencetak dengan kecepatan 120 m/jam, itu dengan 4 printhead (pada printer outdoor rata-rata menggunakan 4 printhead, dengan optional penambahan menjadi 8 printhead).

Jenis mesin digital printing outdoor sudah umum digunakan untuk print pada bahan flexi, bahan yang biasa digunakan untuk cetak banner ukuran besar, jadi 1 roll bahan flexi bisa di print langsung tanpa harus dipotong terlebih dahulu.

Harga mesin digital printing outdoor memang lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis indoor, namun dari segi cost produksi lebih murah, karena harga tinta solvent yang mencapai 660 ribu/galon yang berisi 5 liter.

Mesin digital printing UV

Mesin digital printing UV termasuk ke dalam tipe high end, memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dengan hasil cetak yang lebih bagus, dan dapat digunakan untuk print pada banyak jenis bahan, termasuk bahan padat sekalipun.

Bahan seperti kayu, acrylic, dan kaca bisa dicetak dengan menggunakan printer uv, jenis printer uv sendiri ada 2, yaitu roll to roll dan flatbed, bahan dengan ketebalan lebih dari 3 mm bisa menggunakan jenis uv flatbed.

Sample mesin digital printing Xuli UV X6-1880

Sample printer UV

Pada mesin uv jenis roll to roll, lebih banyak digunakan untuk bahan seperti canvas, wallpaper, spunbond, dan beberapa jenis bahan lainnya, termasuk juga pada bahan sticker apabila membutuhkan hasil yang lebih bagus.

Dari jenis printhead yang digunakan ada beberapa macam, biasanya menggunakan printhead Epson DX atau DX7 pada jenis roll, sedangkan pada jenis flatbed selain dari printhead Epson, juga ada yang menggunakan printhead Ricoh.

Mesin digital printing Xuli UV X6-2613

Xuli X6-2613 UV

Pada jenis printer uv flatbed sendiri, ketebalan bahan yang dapat di print bisa mencapai 10 cm, bahkan ada tipe mesin yang dapat melakukan cetak pada bahan dengan ketebalan 15 cm, dan tetap di dapat hasil yang baik.

Tersedia juga tinta uv warna putih pada setiap jenis printer uv ini, sehingga untuk print pada bahan berawarna gelap atau transparan tetap dapat dilakukan, konfigurasinya juga dapat diatur, antara CMYK+W atau W+CMYK.

Mesin digital printing Xuli UV X6-2000

Printer UV roll

Harga mesin uv printing adalah yang paling mahal dari semua jenis printer besar, karena memang sesuai dengan kemampuannya, dan untuk harga tintanya sendiri mulai dari 840 ribu untuk perliternya.

Mesin digital printing sublimasi

Printer sublimasi ini berbeda sendiri apabila dibandingkan dengan ketiga jenis printer sebelumnya, karena pada jenis printer sublime khusus digunakan untuk print pada bahan kain, tidak untuk pada bahan lainnya.

Kebanyakan yang menggunakannya untuk memproduksi jersey, boneka, handuk, serta beberapa produk lainnya, tinta yang digunakan adalah jenis tinta sublime, dengan harga tintanya yang mencapai kisaran 450 ribuan perliter.

Mesin digital printing Xuli X6-1880 Sublimasi

Printer sublime

Pada dasarnya untuk fisiknya sendiri sama seperti printer indoor, namun hanya dibedakan pada jenis tinta yang digunakan saja, jadi untuk harga mesin printing sublimasi kain ini, sama dengan harga mesin digital printing indoor.

Sebagai catatan, bahan kain tidak dapat di print langsung, tetapi harus menggunakan media transfer paper, jadi bahan transfer paper di print, lalu kemudian di press pada bahan kain dengan mesin roll press, sehingga membutuhkan dua kali proses kerja dengan dua jenis mesin yang berbeda.

Mesin hot press roll HWT

Mesin hot press roll HWT

Hasil print dari printer sublime ini tahan lama dan tidak mudah luntur, meskipun memang ada pengaruh dari kualitas tinta yang digunakan, berbeda jauh dengan kualitas langsung dari printer yang cetak langsung pada kain.

Mesin digital printing Xuli

Merk Xuli sudah dikenal secara luas sebagai produk asal China yang memiliki kualitas bagus, ada berbagai macam jenis dan tipe yang tersedia, dan dari sisi harga jual bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan produk asaal Jepang seperti harga mesin digital printing Roland.

Mesin digital printing Xuli

Xuli

Beberapa tipe yang ada untuk mesin digital printing Xuli diantaranya yaitu:

Xuli sendiri merupakan produsen large format printer terbesar di China, memiliki pabrik sendiri untuk memproduksi setiap mesinnya, sehingga quality control dapat terjaga, termasuk juga untuk ketersediaan spare parts.

Service center resmi tersedia di Indonesia, jadi untuk kebutuhan aftersales bisa terlayani dengan baik, sudah terinstall lebih dari 200 unit di seluruh Indonesia, yang semakin menunjukkan kelas dari printer merk ini.

Kredit mesin digital printing

Dalam melakukan pembelian untuk printer besar, biasanya ada opsi pembelian cash dan leasing, untuk proses pembelian secara cash tentu prosesnya jauh lebih simple dan mudah, berbeda jika pembelian melalui proses leasing atau kredit.

Ada beberapa syarat yang dibutuhkan apabila melakukan pembelian secara leasing, diantaranya adalah:

1. DP 30%
2. KTP
3. NPWP
4. Surat keterangan domisili
5. Rekening 3 bulan terakhir
6. DLL

Untuk prosesnya sendiri memakan waktu antara 2 – 4 minggu, DP diserahkan lalu kemudian pihak supplier dari mesin akan mengajukan ke pihak leasing, selanjutnya pihak leasing yang akan menghubungi pembeli.

Tips merawat mesin digital printing

Mesin digital printing merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan, dan mengingat harganya yang cukup tinggi, ada baiknya juga untuk diperhatikan perawatan dari mesin tersebut, agar dapat terus beroperasi secara maksimal.

Semakin lama mesin ini dapat terus beroperasi, semakin banyak juga proses kerja yang dapat dilakukan, itu sebabnya perlu dilakukan perawatan pada mesin ini, dan proses perawatannya juga tidak sulit, tergolong mudah untuk dilakukan.

1. Bersihkan mesin secara teratur

Ini merupakan hal yang paling mendasar dan mudah dilakukan, bersihkan secara rutin dan teratur, terutama pada printhead dari mesin tersebut,  komponen printhead merupakan salah satu bagian dari mesin yang rawan terhadap debu dan kotoran.

Pengecekan nozzle

Pengecekan nozzle

Meskipun ini merupakan jenis consumable (ada masa habis pakai), tetapi jika dibersihkan secara rutin bisa memiliki jangka waktu masa pakai yang cukup panjang, dan sebagai informasi tambahan, printhead merupakan salah satu komponen yang memiliki harga beli tinggi.

Cara pembersihan untuk printhead ini biasanya akan diajarkan langsung oleh teknisi pada saat melakukan instalasi, dengan membersihkan printhead juga membuat hasil print tidak akan bergaris ataupun rusak karena masalah pada head.

2. Gunakan UPS dan stabilizer

UPS dan stabilizer merupakan salah satu opsi tambahan yang juga diperlukan, ini untuk mencegah mati listrik mendadak pada saat melakukan proses kerja, atau mencegah kerusakan komponen elektronik apabila listrik ditempat mesin digital printing tersebut berada tidak stabil.

UPS sekaligus stabilizer merk BBI

UPS BBI

Gangguan listrik apabila tidak stabil dapat menyebabkan komponen elektronik terkendala, dan sangat riskan terhadap board dari mesin tersebut, sehingga untuk stabilizer ini tergolong wajib untuk digunakan, dan UPSmerupakan opsi tambahan.

3. Gunakan mesin digital printing secara rutin

Penggunaan mesin digital printing yang rutin akan lebih baik, namun ada kalanya perlu di istarahatkan juga, jadi dalam arti, apabila digunakan selama 24 jam, usahakan untuk mengistirahatkan mesin ini setidaknya selama 1 atau 2 jam, dan lakukan cleaning.

Jika mesin tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, apalagi lebih dari 1 minggu, dapat menyebabkan tinta mengering, dan mengakibatkan mampet pada printhead.

Jika ini terjadi dapat mengakibatkan kerusakan pada printhead, dan berujung pergantian, dengan cost yang tidak murah, karena harga printhead cukup tinggi.

Biasanya teknisi juga akan mengajari pada saat instalasi jika mesin tidak digunakan selama beberapa hari, seperti merendam printhead, serta beberapa trick lainnya, ini untuk memperpanjang masa pakai dari printhead mesin digital printing tersebut.

Mengenal jenis tinta mesin digital printing

Tinta untuk mesin digital printing ada banyak macamnya, tergantung dari tipe mesin tersebut serta printhead yang digunakan, tidak dapat dicampur-campur karena memang berbeda untuk karakteristiknya, harga jual juga memiliki sesilih yang cukup jauh berbeda.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tinta eco solvent

Jenis tinta eco solvent digunakan pada printer indoor, daya tahan hasil print tergolong bagus, baik produk asal Jepang ataupun China selama itu adalah jenis printer indoor bisa menggunakan tinta ini. Itu sebabnya banyak yang menyebut printer indoor sebagai printer eco solvent.

Tinta mesin digital printing indoor

Tinta eco solvent

Diaplikasikan pada material bahan yang hasil cetaknya dilihat dari jarak dekat, seperti pada bahan albatros, luster, serta beberapa jenis bahan lainnya.

Paling banyak adalah digunakan pada bahan sticker, dan untuk memperkuat daya tahan pada umumnya hasil print dilaminasi lagi, namun dengan penambahan cost produksi.

Harga tinta eco solvent sendiri untuk printer indoor China mulai dari 350 ribu/liter, sedangkan untuk printer indoor Jepang mulai dari 600 ribu/liter.

  • Tinta solvent

Sedangkan jenis tinta solvent diperuntukkan untuk digunakan pada printer outdoor, namun tentu harus di sesuaikan juga dengan jenis printhead yang digunakan pada mesin digital printing tersebut, karena tidak asal dapat dipakai saja.

Tinta solvent 30 PL

Tinta solvent 30 PL

Sebagai contoh untuk tinta solvent 30 PL, hanya cocok atau lebih tepat digunakan pada printer outdoor yang menggunakan jenis printhead 30 PL, contohnya adalah printhead Konica 512i 30 PL, begitu juga dengan tina solvent polaris yang hanya cocok digunakan pada printer dengan printhead polaris.

Harga tinta solvent sendiri lebih murah, mulai dari 650 ribu untuk 1 galon yang berisi 5 liter, berbeda dengan tinta eco solvent yang dijual perliter dengan harga 370 ribuan perliternya.

  • Tinta UV

Seperti pada namanya, untuk jenis tinta ini hanya dapat digunakan pada mesin digital printing UV, ada jenis soft dan hard, tinta uv sendiri memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan dengan tinta eco solvent ataupun solvent, dan memang sesuai dengan kemampuannya.

Tinta UV printhead

Tinta UV printhead

Tinta uv sulit luntur dan memiliki hasil print yang lebih bagus, untuk jenis tinta uv soft hasil print lebih tipis dibandingkan dengan jenis hard, dan juga lebih lentur, kebalikannya dengan jenis hard.

Harga tinta uv sendiri untuk produk China mulai dari 800 ribu/liter, sedangkan untuk tinta uv yang digunakan pada produk Jepang mulai dari 1,3 juta/liter, namun assembly tetap di China.

  • Tinta sublime

Khusus untuk jenis tinta sublime, hanya digunakan pada jenis mesin digital printing sublime yang diaplikasikan pada bahan kain, namun penggunaannya tidak langsung print pada bahan kain, tetapi melalui bahan transfer paper, yang kemudian di press pada bahan kan tersebut.

Pada tinta sublime sendiri juga ada beberapa macamnya, seperti flourescent (neon) atau tinta sublime biasa, dan yang lebih umum digunakan adalah tinta sublime biasa, hasil print bisa dilihat pada jersey yang ada di pasaran, serta beberapa macam produk jadi lainnya.

  • Tinta dye

Tinta dye ini berbahan dasar air, ciri-ciri dari tinta dye ini jika terkena air atau panas tidak bisa bertahan lama, sehingga memerlukan proses laminating, dimana dengan adanya proses laminating menjadikan cost produksi menjadi lebih meningkat.

Tinta ini hanya bisa untuk print indoor, bahan yang biasa di gunakan adalah : glosy photo paper, PVC, Inkjet paper, canvas, silky paper, dll, tinta ini tidak bisa print di bahan art paper, plastic, t-shirt transfer, flexi, dan lainnya karena sangat mudah luntur.

  • Tinta Acid

Tinta acid sangat baik digunakan untuk mencetak di atas bahan dasar protein seperti wool atau sutra, bahan nylon juga dapat menggunakan tinta acid, tinta ini tidak dapat digunakan pada kain dengan bahan dasar serat seperti katun dan rayon, juga tidak baik digunakan pada bahan synthetic fiber seperti polyester.

  • Tinta Reactive

Tinta reactive adalah jenis tinta yang digunakan pada kain dengan bahan dasar serat alami seperti katun dan rayon, tinta reactive juga dapat digunakan pada kain dengan bahan nylon namun perlu proses fiksasi yang berbeda, tinta reactive diperkenalkan pertama kali tahun 1956.

Tinta reactive cukup rumit penanganannya pada digital printing karena beberapa faktor yang mempengaruhi hasil akhirnya, reaksi kimia antara tinta dengan kain harus benar-benar dikendalikan untuk menghasilkan warna yang cerah dan juga tahan cuci.

Tinta reactive

Tinta reactive

Jika mencetak tinta reactive di atas bahan katun begitu saja, hasil cetak sangat mudah luntur, kunci dari keberhasilan mencetak dengan tinta reactive adalah reaksi kimia yang menyebabkan molekul tinta kehilangan atom chlorine dan kain kehilangan atom hydrogen.

Hal ini akan mengakibatkan molekul tinta dan kain menyatu, reaksi kimia tersebut bersifat alkaline, pemanasan dapat mempercepat reaksi kimia tersebut.

Penutup

Semua jenis printer besar ini dapat terpengaruh pada arus listrik yang tidak stabil, maka disarankan untuk menggunakan stabilizer ataupun UPS, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, serta melakukan cek grounding.

Print bahan luster

Print bahan luster

Apabila anda baru akan membuka jenis usaha digitala printing, disarankan untuk melihat demo mesin tersebut terlebih dahulu, serta review terhadap brand dari printer tersebut, dan pastikan memiliki service center resminya.

Apabila membutuhkan informasi lebih jelas mengenai mesin digital printing lebih lanjut, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia, atau bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Leave a Reply

Contact

D1541A2F
0812-96098899
Phone/WhatsApp

Top Post